Kamis, 17 Januari 2013

PILOT Sebelum take off

Persiapan nya banyak. Ada berbagai macam persiapan, salah satunya seperti:
  1. Weather condition departure and destination . yaitu pilot dibreafing mengenai baik/buruk nya kondisi cuaca pada saat keberangkatan dan tujuan.
  2. Bila cuaca baik dan pilot masih dinyatakan untuk terbang, yang kedua adalah  walk around, yaitu berjeliling pesawat untuk memastikan tidak ada yang cacat.
  3. Electrical power up checklist
  4. Pre elemenary preflight
  5. CDU preflight, yaitu memasukan flight plan ke dalam komputer
  6. Preflight, yaitu memastikan semua tombol pada tempat semestinya.
  7. Taxy and take off breafing
  8. Before start checklist, yaitu menyiapkan untuk star mesin.
  9. Before taxy checklist, yaitu persiapan untuk taxy
10. Before take off checklist, yaitu persiapan untuk take off.
Selain itu pilot harus tahu berapa banyak bahan bakar yang harus dibawa sesuai dengan jarak tempuhnya dan menghitung perkiraan beban untuk take off. Sebelum take off pilot juga diberikan beberapa dokumen, seperti: flight plan, load sheet, buku-buku prosedur (non normal cek list, dll), license, dan lain-lain. Medical check up dilakukan setiap 6 bulan sekali.
Tanggapan:
Sebelum terbang ternyata pilot atau sebutan untuk orang yang mengemudikan pesawat terbang, mempunyai persiapan yang sangat banyak sebelum terbang. Walaupun didalam kokpit pilot dibantu oleh co-pilot, tetapi pilot harus benar-benar memahami panel-panel yang ada di dalam kokpit. Selama penerbangan berlangsung mulai dari take off hingga landing, pilot dan ko-pilot akan mengikuti jalur-jalur penerbangan yang telah terprogram melalui bantuan navigasi pesawat dan mendapat informasi dari ATC (Air Traffic Control) atau menara kontrol lalu lintas bandar udara. Persiapan pilot yang banyak adalah untuk memastikan bahwa semuanya dalam keadaan baik dan layak untuk terbang. Pilot harus tahu persis apa saja yang akan dibawanya, oleh sebab itu pilot diberikan beberapa dokumen untuk mengetahui semua itu. Tidak sembarangan dalam menerbangkan pesawat. Keadaan pesawat harus benar-benar ready. Dan keadaan pilot itu sendiri harus diperiksa sebelum dia terbang. Pilot harus dalam keadaan fit, tidak lelah, dan lain-lain yang dapat menyatakan bahwa pilot ready untuk terbang. Dengan begitu, semua akan aman, nyaman, dan selamat sampai ke tempat tujuan.

1 komentar:

Kirim Pesan Bila Anda Kurang Mengerti ..
Terima Kasih